Kamis, 22 Desember 2011

Tips Ampuh Membeli Modem yang Baik


Perangkat yang satu ini, kini seolah menjadi kebutuhan pokok dalam dunia pekerjaan. Saking pentingnya, modem pun diibaratkan seperti 'senjata.' Lantas, bagaimana membeli modem yang baik?  
Modem/ Foto-foto: IstimewaModem/ Foto-foto: Istimewa
Modem (singkatan dari modulator-demodulator) adalah perangkat untuk melakukan koneksi internet, khususnya melalui saluran telepon. Secara fisik, modem dapat dibedakan sebagai modem internal dan modem eksternal.
Dalam kerjanya modem dibagi berdasarkan kecepatan, apakah itu berupa software atau hardware modem. Ada beberapa pembagian lagi yang sifatnya lebih teknis, seperti error controldata compression protocol.
Bagi Anda yang memiliki modem USB, tentu ingin modemnya bisa awet sampai bertahun-tahun. Untuk itu diperlukan perawatan yang maksimal layaknya Anda 'menyayangi' seseorang yang Anda cintai.
Modem pada laptopModem pada laptopDengan 'menyayangi' modem Anda, maka modem juga akan 'menyayangi' Anda dan siap membantu dalam berselancar di dunia maya.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak keliru mendapatkan modem. Berikut ini adalah tips yang diberikan TNOLagar Anda tidak salah membeli modem sebagai teman untuk beraktivitas di dunia maya.
1. Carilah referensi terlebih dahulu mengenai modem yang banyak beredar  di pasaran elektronik (bisa melalui internet, surat kabar, atau TV).
2. Tanyakan pada teman Anda yang sudah pernah membeli modem bagaimana performanya (modemnya cepat atau lambat, dsb.).
ModemModem3. Cari tahu tempat penjualan barang elektronik yang sudah memenuhi kriteria bagus dan terkenal akan kualitasnya (supaya Anda tidak tertipu barangnya palsu).
4. Tanyakan pula coverage (jangkauan sinyal provider) bagi Anda yang tinggal di daerah atau di pedesaan. Tanyakan apakah provider internet yang Anda incar sudah bisa dipakai di daerah Anda (tidak semua provider internet mampu menjangkau setiap daerah).
5. Tanyakan garansinya (biasanya modem yang bagus bergaransi lebih dari satu tahun).
6. Usahakan setiap ada pameran mengenai komputer Anda hadir untuk mengetahui modem apa saja yang paling banyak digandrungi. Biasanya, pada  pameran tersebut menjual barang elektronik dengan harga yang miring alias diskon besar-besaran.
7. Pilih modem yang tidak menguras isi kantong Anda (isi ulang).
8. Disarankan untuk memilih modem yang pra-bayar, daripada yang pasca-bayar, agar tidak memberatkan keuangan Anda. Pilih juga paket internet yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Nah, selamat berselancar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar